Minggu, 28 April 2013

Data Manipulation Language



Nama                : Wildan          
NIM                 : 07.39010.0073
Nama MK        : SQL II
Nama Dosen     : Ibu Titik Lusiani
Blog Dosen       : http://blog.stikom.edu/lusiani/

MANIPULASI DATA
Manipulasi data adalah melakukan pengolahan data. Data Manipulation Language adalah kumpulan perintah query pada SQL yang digunakan untuk memanipulasi atau mengolah data. Manipulasi data dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menggunakan perintah insert, update, dan delete.

INSERT
Insert adalah perintah pada SQL yang digunakan untuk menambah atau memasukkan data. Perintah insert dapat tersimpan jika diikuti dengan perintah commit. Tetapi perintah insert juga akan tersimpan secara otomatis jika keluar atau logout dari sistem (aplikasi) secara normal. Contoh :
INSERT INTO Mahasiswa VALUES (0900456,’Painah’,’Surabaya’);

PERBEDAAN DELETE dan TRUNCATE
Delete adalah perintah yang digunakan untuk menghapus data pada baris atau kondisi tertentu. Sedangkan truncate adalah menghapus semua isi yang ada pada tabel. Berikut contoh penulisan syntax delete :
DELETE FROM Mahasiswa WHERE Nama = ‘Painah’;

CONTROLLING TRANSACTION
Controlling transaction adalah perintah yang digunakan untuk melakukan kontrol atau pengaturan pada transaksi. Contoh perintah cotrolling transaction adalah commit dan rollback. Commit adalah perintah yang digunakan untuk menyimpan perintah SQL yang telah dijalankan pada posisi terakhir. Sedangkan rollback adalah perintah pada SQL yang digunakan untuk membatalkan transaksi pada perintah sebelumnya karena adanya kesalahan pada perintah tersebut.  

1 komentar:

  1. Kita juga punya nih artikel mengenai Data Manipulation Language, silahkan dikunjungi dan dibaca, berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6748/1/Jurnal_Yahya.pdf
    Terimakasih

    BalasHapus